Analisis Perbandingan Penyuluhan Kesehatan Metode Ceramah Dengan Audio Visual Terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Reproduksi (Puberitas) Pada Siswa(I) Di MTSN 5 Muna

  • Osrin Wahyuni STIKes Karya Kesehatan
Keywords: Kesehatan Reproduksi (Puberitas), Remaja, Metode ceramah, audo visual, Reproductive Health (Puberitas), Teens, Methods lectures, visual audios

Abstract

Kesehatan reproduksi sama halnya dengan kesehatan pada umumnya adalah hak setiap manusia. Untuk mampu mencapainya diperlukan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi yang benar dan komprehensif. Pengetahuan tersebut didapatkan melalui berbagai sarana, salah satunya adalah pendidikan. Pendidikan merupakan cara yang paling penting dan efektif untuk memperoleh pengetahuan tentang kesehatan reproduksi. Penelitian ini bertujuan melihat perbedaan pengaruh penyuluhan kesehatan menggunakan metode ceramah dan audio visual pada tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi (Puberitas) pada siswa MTsN 5 Muna. Studi ini menggunakan jenis penelitian quasy eksperimen. Dalam rancangan ini digunakan menjadi dua kelompok yaitu kelompok ceramah dan kelompok audio visual dengan jumlah sampel 60 resonden yang dbagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok ceramah sebanyak 30 responden dan kelompok audio visual 30 responden. Teknik sampel dalam penelitian ini adalah system random sampling, perlakuan dilakukan satu waktu. Analisis data meliputi analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji T Independen. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang bermakna antara peningkatan pengetahuan Puberitas siswa (selisih skor pegetahuan kesehatan Puberitas setelah intervensi penyuluhan kesehatan) pada kelompok siswa yang mendapatkan intervensi penyuluhan kesehatan reproduksi dengan metode ceramah dan media audio visual (Pvalue = 0,000). Rata-rata selisih skor pengetahuan kesehatan Puberitas setelah dilaksanakan penyuluhan kesehatan reproduksi dengan metode cermah adalah 13,10. Sedangkan pada kelompok audio visual rata-rata selisih skor pengetahuan kesehatan Puberitas setelah penyuluhan adalah 15,77. Dengan demikian ada perbedaan rata-rata selisih skor pengetahuan kesehatan Puberitas di antara keduanya walaupun hanya sebesar 2,67.

Abstract

Reproductive health as well as health in general is the right of every human being. To be able to achieve the required knowledge of reproductive health is correct and comprehensive. Knowledge is obtained through various means, one of which is education. Education is the most important and effective way to gain knowledge about reproductive health. This study aims to examine the differences of health education influence using lecture and audio visual methods on reproductive health level (Puberitas) on MTsN 5 Muna students. This study uses a type of quasy experimental research. In this design is used into two groups namely lecture groups and audio visual groups with a sample of 60 resondents are divided into two groups, namely lecture group as much as 30 respondents and audio visual groups 30 respondents. Sample technique in this research is system random sampling, treatment done one time. Data analysis included univariate and bivariate analysis using Independent T test. Based on the result of the research indicate that there is a significant difference between the increase of the students' knowledge of Puberitas (difference of Health Knowledge score after health intervention intervention) in the group of students who get reproductive health counseling intervention using lecture method and audio visual media (Pvalue = 0,000). The average score of Public Health knowledge scores after the reproduction health training with the method of correction is 13.10. While in the group of visual averages the difference of Public Health knowledge score after extension is 15,77. Thus there is a difference in the average difference between the public health knowledge score between the two, although only 2.67.

Published
2017-12-30