Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rsud Kabupaten Wakatobi Tahun 2015

  • Aluddin Aluddin Akademi Keperawatan PPNI Kendari
Keywords: Pelayanan Kesehatan, Health services

Abstract

Pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan salah satu kebutuhan dasar yang diperlukan setiap orang sehingga pelayanan kesehatan harus dikelola secara profesional melalui perubahan paradigma dan strategi pengolahan yaitu bagaimana menciptakan kepuasan bagi konsumen dan juga peningkatan mutu berkelanjutan, serta tata cara penyelenggaraan kesehatan yang sesuai kode etik dan standar pelayanan profesional yang telah ditetapkan sehingga pelayanan kesehatan yang diberikan haruslah dapat memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen dengan tepat, cepat, profesional, sehingga tidak terjadi kesenjangan antara harapan dan tuntutan terhadap pelayanan yang diharapkan. Kualitas pelayanan lebih terkait pada kelancaran komunikasi antara pasien dengan petugas. Menurut Parasuraman dalam Fandy (2011) mengatakan bahwa ada 5 dimensi yang digunakan oleh pelanggan dalam menilai suatu mutu pelayanan yaitu kehandalan (Reliability), penampilan fisik (Tangible), ketanggapan (Responsiveness), kepastian (Assurance) dan kemampupahaman (Empathy).

Tujuan umum dari penelitian ini adalah mengetahui kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Kabupaten Wakatobi. Tujuan Khususnya adalah mengetahui kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Kabupaten Wakatobi ditinjau dari segi kehandalan,ketanggapan,komunikasi,rasa percaya dan kemampupahaman.

        Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional study.Tekhnik pengambilan sampel secara total sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh kehandalan, ketanggapan,komunikasi,rasa percaya,dan kemampupahaman terhadap pelayanan kesehatan di RSUD Kabupaten wakatobi sehingga disarankan perlu upaya peningkatan keterampilan dari pemberi pelayanan kesehatan khususnya paramedis yang bertugas di ruang rawat jalan penyakit dalam RSUD Kabupaten Wakatobi.

Abstract

Quality health services is one of the basic necessities required for each person so that health services should be managed professionally through a paradigm shift and processing strategies: how to create satisfaction for consumers as well as continuous quality improvement, as well as the procedure for the organization of health according to the code of ethics and standards of service professionals who have been assigned so that health services provided must be able to meet the needs and expectations of consumers with precise, fast, professional, so there is no gap between the expectations and demands of the service expected. Quality of service is more relevant to the smooth communication between the patients with officers. According to Parasuraman in Fandy (2011) says that there are five dimensions that are used by customers in evaluating a quality of service which the reliability, tangible, responsiveness, Assurance and Empathy.

General purpose from This research is know the quality of health care in hospitals Wakatobi. In particular goal was to determine the quality of health care in hospitals Wakatobi in terms of reliability, responsiveness, communication, trust and emphaty.

This type of research is descriptive with cross sectional approach study.Technique sampling is total sampling. Results showed no effect of reliability, responsiveness, communication, trust, and emphaty to health services in hospitals district suggested wakatobi so necessary efforts to improve the skills of health care providers, especially paramedics on duty in the hospital outpatient disease in Wakatobi.

Published
2019-12-30