Hubungan Perilaku Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap RSUD Kota Kendari Tahun 2016

  • Muhaimin Saranani Poltekes Kemenkes Kendari
Keywords: Perilaku, Tingkat Kepuasan Pasien, Behavior, Patient Satisfaction

Abstract

Perilaku manusia merupakan hasil dari segala macam pengalaman serta interaksi manusia dengan lingkungannya yang terwujud dalam bentuk sikap dan tindakan. Rumusan masalah adalah Apakah ada hubungan perilaku perawat dengan tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku perawat dengan tingkat kepuasan pasien. Variabel bebas adalah perilaku, yang terdiri dari sikap, tindakan dan variabel terikat adalah tingkat kepuasan pasien. Jenis dan rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan Populasi adalah semua pasien yang dirawat di ruang rawat inap melati dan lavender pada tahun 2016 yang berjumlah 85 orang dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 46 orang yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari yang mana telah memenuhi kriteria yang diambil secara Simple Random Sampling. Analisis data dengan uji statistik Chi-Square dengan  Hasil penelitian pada variabel sikap diperoleh nilai  sebesar 37,60 dengan nilai P sebesar 0,000 dan variabel tindakan diperoleh nilai  sebesar 9,306 dengan nilai P sebesar 0,003. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukan bahwa nilai  serta nilai signifikan atau P (0,000) < . Hal ini bermakna bahwa  ditolak dan  diterima, artinya ada hubungan perilaku perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap rumah sakit umum daerah kota kendari tahun 2016.

Abstract

Human behavior is a result  of all kinds of experiences as well as human interaction with the environment embodied in attitude and action. Formulation of the problem is the behavior of nurses is there any relationship with the level of patient satisfaction. This study aims to determine the relationship of the behavior of  nurses with patient satisfaction level. The independent variabel is the behavior, which consists of attitudes, action and the dependent variabel is the level of patient satisfaction. The type and design of the study is a descriptive analytic population was all patients admitted in inpatient general melati and lavender in 2016 which amounted to 85 people and sample in this study were 46 people at the general hospital of Kendari which have fulfilled criteria are taken by simple random sampling. Data were analyzed by statistical test chi-square with Results of research on attitudinal variables x2 values obtained count of 37,60 with a P value of 0,000 and the action variable values obtained x2 count of 9,306 with a P value of 0,003. Based on the results obtained show that the calculated value of x2 count > x2 table as well as the significant value or P (0,000)  (0,05). this means that Ho is rejected and the Ha is accepted, it means that there is a relationship behaviors nurse with patient satisfaction level in inpatient general hospital Kendari city in 2016.

Published
2017-04-29