Hubungan Perilaku Kesehatan Keluarga Dengan Kejadian Penyakit Demam Berdarah Dengue di Kelurahan Baruga Kecamatan Baruga di Wilayah Kerja Puskesmas Lepo-Lepo

  • Risnawati Risnawati Akademi Keperawatan PPNI Kendari
Keywords: Knowledge, Attitude, Dengue Hemorrhagic Fever, Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Demam Berdarah Dengue

Abstract

Salah satu penyakit yang terus menerus mendapat perhatian serius dari Pemerintah dan Dinas Kesehatan pada seluruh Wilayah di Indonesia yaitu Demam Berdarah Dengue (DBD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku kesehatan keluarga dengan kejadian penyakit demam berdarah dengue di Kelurahan Baruga Kecamatan Baruga Wilayah Kerja Puskesmas Lepo- Lepo. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April - Mei 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga yang berada di Kelurahan Baruga Kecamatan Baruga di Wilayah Kerja Puskesmas Lepo-Lepo yang berjumlah sebanyak 2.018 KK. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 KK. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar kuesioner, data diolah dengan menggunakan analisis univariat untuk melihat distribusi frekuensi, analisis bivariat untuk melihat hubungan antara variabel dependent dan inpendendent. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS kemudian disajikan dalam tabel distribusi dan gambar dan selanjutnya dijelaskan secara narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan, sikap, dan tindakan dengan  kejadian Demam Berdarah Dengue di  Kelurahan  Baruga Wilayah Kerja Puskesmas Lepo-Lepo.

 

Abstract

One of the diseases that constantly get serious attention from the Government and the Department of Health in all areas in Indonesia, namely Dengue Hemorrhagic Fever (DHF). This study aims to determine the relationship between health behaviors of families with incidence of dengue fever in the Village Baruga Baruga sub-district Puskesmas Lepo- Lepo. This study was conducted in April-May 2016. The research is a survey research with cross sectional analytic. The population in this study were all heads of families residing in the village Baruga Baruga Subdistrict in Puskesmas-Lepo Lepo numbering as many as 2,018 households. The number of samples in this study as many as 64 families. The data collection is done by using a questionnaire, data is processed using univariate analysis to look at the frequency distribution, bivariate analysis to look at the relationship between a dependent variable and inpendendent. Data processing was performed using SPSS are presented in tables and image distribution and further described in the narrative. The results showed that there is a relationship between knowledge, attitudes, and actions with the incidence of Dengue Hemorrhagic Fever in Puskesmas Baruga-Lepo Lepo.

Published
2016-12-30