Hubungan Indeks Kepuasan Masyarakat Dengan Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Jati Raya Kota Kendari

  • Siti Umrana Akademi Keperawatan PPNI KendarI
Keywords: Indeks, Kepuasan, Pelayanan, Jati Raya, Satisfaction Index

Abstract

Data kunjungan pasien di Puskesmas Jati Raya mengalami penurunan sejak tahun 2015 dimana pada bulan Januari tercatat 235 pasien, bulan Februari tercatat 198 pasien dan pada bulan Maret hanya 127 pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan indeks kepuasan masyarakat dengan kualitas pelayanan di Puskesmas Jati Raya Kota Kendari.

Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan desain penelitian cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang datang berkunjung/berobat di puskesmas Jati Raya Kota Kendari dengan jumlah sampel sebanyak 96 pasien yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Pengolahan hasil penelitian menggunakan uji statisti chi-square (X2) dan uji alternatif fisher’s exact test (p).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan sedang (phi = 0,26) antara Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Jati Raya Kota Kendari.

Disarankan kepada pihak puskesmas agar senantiasa melakukan penambahan fasilitas, sarana, prasarana, pelatihan serta peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berjenjang untuk meningkatkan kinerja pelayanan.

 

 

Abstrack

Patient visits in health centers Teak Kingdom decreased since 2015, which in January was 235 patients, 198 patients recorded in February and in March, only 127 patients. This study aims to determine the relationship of community satisfaction index with quality services in health centers Jati Raya Kendari.

This type of research is analytic survey with cross sectional study design. The population in this study were all patients who come to visit / treatment in health centers Jati Raya Kendari with a total sample of 96 patients were taken using simple random sampling technique. Processing the results of studies using test statistichi-square (X2) and the alternative test Fisher's exact test (p).

The results showed that there was a relationship (phi = 0.26) between the Community Satisfaction Index (HPI) with the quality of health services at the health center Jati Raya Kendari.

Suggested to the clinic to always perform additional facilities, equipment, infrastructure, training and improving the quality of human resources is tiered to improve service performance. 

Published
2016-12-30