Hubungan Komunikasi Verbal dan Non Verbal Perawat Dengan Kepuasan Pasien Post Operasi Di Ruang Inap Bedah RSUD Kabupaten Buton Tahun 2014

  • Mimi Yati STIKES Mandala Waluya Kendari
Keywords: Komunikasi verbal, non verbal, kepuasan pasien, Verbal communication, patient satisfaction

Abstract

Komunikasi verbal adalah jenis komunikasi yang dilakukan oleh perawat secara langsung maupun tidak langsung kepada pasien sedangkan komunikasi non verbal adalah jenis komunikasi yang dilakukan oleh perawat dengan isyarat non verbal misalnya ekspresi wajah, mimik, senyum dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan komunikasi verbal dan non verbal dengan kepuasaan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buton. Penelitian ini dilaksanakan di Ruang Inap Bedah Rumah Sakit Umum Daerah  Kabupaten Buton pada tanggal 08 November-08 Desember 2014. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Besar populasi dalam penelitian ini adalah 99 pasien, sampel di ambil secara stratified random sampling dengan jumlah sampel 40 pasien.Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dari 40 responden, komunikasi verbal perawat baik yaitu sebanyak 11 responden mengatakan puas dan 6 responden mengatakan tidak puas, sedangkan komunikasi verbal perawat kurang yaitu sebanyak 17 responden mengatakan tidak puas dan 6 responden mengatakan puas. Pada komunikasi non verbal yaitu komunikasi non verbal perawat baik yaitu sebanyak 13 responden mengatakan puas dan 6 responden mengatakan tidak puas, sedangkan komunikasi non verbal perawat kurang yaitu sebanyak 17 responden mengatakan tidak puas dan 4 responden mengatakan puas.Hasil Chi Square (X2) diketahui bahwa komunikasi verbal dan komunikasi non verbal berhubungan dengan kepuasan pasien rawat inap. Disarankan kepada pihak Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buton khususnya tenaga keperawatan untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas di bidang keperawatan sebagai pemberi pelayanan keperawatan khususnya sikap dan keterampilan dalam berkomunikasi.

 

Abstrack

Verbal communication is type of communications by the nurse directly or indirectly to the patient while the non verbal communication is type of communication conducted by nurses with non verbal cues such as facial expressions, expression, smile and others. The purpose of this research is to determine patient satisfaction with the verbal and non verbal communication General Regional Hospital Buton Regency. The research was conducted in Room Inpatient Surgical Regional General Hospital of Buton Regency on 8 November to 8 December 2014. This research is a Cross Sectional quantitative approach. Large population in this study was 99 patients, samples taken by stratified random sampling with total sample of 40 patients. From the research result showed that out of 40 respondents, good verbal communication nurse that is as much as 11 respondents said satisfied and 6 respondents not satisfied, while the nurse's lack of verbal communication as much as 17 respondents not satisfied and 6 respondents said satisfied. In non verbal communication is non verbal communication either by 13 respondents said satisfied and 6 respondents said not satisfied, where as non verbal communication that is as many as 17 nurses less respondents said not satisfied and 4 respondents said satisfied. The results of Chi Square (X2) note that verbal and non verbal communication related to the satisfaction of inpatients. It is recommended to the General Regional Hospital Buton Regency, especially nursing staff to maintain and improve quality in nursing as nursing care providers in particular the attitude and skill in communicating.

 

Published
2020-10-10