Penyuluhan Kesehatan Jiwa Tentang Managemen Stress Belajar Siswa Tingkat II di SMK Negeri Kediri

  • Purnomo Purnomo STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung https://orcid.org/0000-0001-5892-276X
  • Evi Tunjung Fitriani STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung
  • Farida Farida STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung
  • Devangga Darma Karingga STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung
Keywords: Managemen Stress, Remaja, Self Help Group

Abstract

Abstrak. Stress merupakan masalah pada siswa remaja. Siswa remaja yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan akan mengalami tingkat stress. Pertumbuhan dan perkembangan remaja merupakan factor terjadinya stress. Stress yang dialami remaja dapat berasal dari factor internal dan eksternal. Salah satu penyebab stress secara eksternal adalah kegiatan akademik siswa yang terlalu banyak karena tuntutan akademik yang berat. Stress menyebabkan gangguan fisiologis dan psikologis dari remaja yang akan dapat menimbulkan efek jangka pendek dan jangka panjang. Penatalaksanaan stress adalah secara non farmakologi dengan menggunakan intervensi Self Help Group. Pelaksanaan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan intervensi kepada siswa dengan tingkat stress berat, sedang dan ringan/normal untuk meningkatkan strategi koping siswa yang adapatif. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah menggunakan Self Help Group dengan menggunakan dasar Social Support, Social Learning Theory, Social Comparison Theory,  dan Helper Theory dengan menggunakan prinsip Mutuality dan Reciprocity yang dilaksanakan selama tiga minggu. Hasil pengukuran tingkat stress sebelum pemberian intervensi Self Help Group pada minggu 1 dan pada minggu 3 untuk menurunkan tingkat stress dan meningkatkan koping individu kearah yang adapatif dengan intervensi Self help group.

 

Abstract. Stress is a problems in adolescents student. Adolescents Student who experience growth and development will experience stress levels. Growth and development in adolescents is a factor to occurrence stress. Stress experienced in adolescents from internal and external factors. Causes stress externally in students' academic activities to heavy academic demands. Stress causes physiological and psychological disorders in adolescents will have short-term and long-term effects. Stress management intervention is non-pharmacological used Self Help Group intervention. Implementation this service to provide interventions in students with severe, moderate and mild/normal stress levels to improve students' adaptive coping strategies. The method in this service by Self Help Group used by Social support, social learning theory, social comparison theory, and helper theory and the principles of mutuality and reciprocity is the carried out in three weeks. The results of measuring stress levels before giving the self help group intervention at week 1 and week 3 to reduced stress levels and increase individual  to coping adaptive with self help group intervention.

Published
2021-07-26
How to Cite
Purnomo, P., Fitriani, E., Farida, F., & Karingga, D. (2021). Penyuluhan Kesehatan Jiwa Tentang Managemen Stress Belajar Siswa Tingkat II di SMK Negeri Kediri. Karya Kesehatan Journal of Community Engagement, 3(01), 10 -15. https://doi.org/10.46233/k2jce.v3i01.535