Peningkatan Pengetahuan Gizi Remaja Melalui Pemanfaatan Kelor (Moringa Oliefera Lam) Sebagai Pangan Fungsional di SMPN Satu Atap 1 Soropia

  • Fatmawati Fatmawati Politeknik Kesehatan Kemenkes Kendari
  • Suriana Koro Politeknik Kesehatan Kemenkes Kendari
  • I Made Rai Sudarsono Politeknik Kesehatan Kemenkes Kendari
  • Ellyani Abadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Kesehatan
Keywords: Gizi, Kelor, Pengetahuan, Remaja

Abstract

Kelor merupakan pangan fungsional yang mudah diperoleh dan diolah guna mencegah anemia pada remaja putri, pemberian penyuluhan tentang manfaat kelor merupakan saah satu upaya agar terjadi peningkatan pengetahuan dan menerapkan pemanfaatan kelor. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan gizi remaja tentang manfaat kelor (Moringa Oliefera Lam) sebagai pangan fungsional. Metode pengabdian dilakukan dengan ceramah dan tanya jawab. Pengabdian ini telah dilakukan pada tanggal 26 Juli tahun 2023 di SMPN Satu Atap 1 Soropia. Sasaran dari kegiatan ini adalah remaja putri yang terdaftar sebagai siswi di SMPN Satu Atap 1 Soropia sebanyak 25 orang. Data pengetahuan dikumpulkan menggunakan kuesioner dan diolah menggunakan uji paired t-tet. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa pengetahuan sebelum dilakukan penyuluhan tentang pentingnya pemanfaatan Kelor (Moringa Oliefera Lam) Sebagai Pangan Fungsional diperoleh Nilai Rata-rata skor pretest adalah 6,72 dan setelah penyuluhan diperoleh rata-rata skor pretest adalah 7,72. Hasil uji diperoleh p value 0,000. Kesimpulan ini adalah penyuluhan yang diberikan dapat meningkatkan pengetahuan remaja putri tentang pemanfaatan Kelor (Moringa Oliefera Lam) Sebagai Pangan Fungsional. Pengabmas ini menyarankan kepada guru kelas agar  memotivasi dan edukasi secara rutin tentang pentingnya kelor dan dapat mendesiminasikan produk biskuit kelor sebagai pangan alternative yang kaya akan zat gizi.

.

References

Mardalena, I. Dasar-dasar Ilmu Gizi dalam Keperawatan. Cetakan I. Yogyakarta : Pustaka Baru Press; 2017.

Indriani, Lusi, et al. Pengaruh pemberian edukasi gizi dan kapsul serbuk daun kelor (Moringa oleifera L.) terhadap kenaikan kadar hemoglobin remaja putri di universitas pakuan. MPI (Media Pharmaceutica Indonesiana), 2019, 2.4: 200-207.

Basith, Abdul; Agustina, Rismia; Diani, Noor. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian anemia pada remaja putri. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan, 2017, 5.1: 1-10.

WHO. Global Nutrition Targets 2025: Anaemia Policy Brief. Geneva; 2014.

Dinkes Provinsi Sulawesi Tenggara. Profil Dinas Kesehatan Provinsi Tahun 2021. Kendari, Sulawesi Tenggara; 2022.

Dinkes Kabupaten Konawe. Profil Dinas Kesehatan Konawe Tahun 2021. Konawe. Sulawesi Tenggara; 2022.

Kemenkes RI. Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Aneima pada Remaja Putri dan Wanita Usia Subur (WUS) [Internet]. Jakarta; 2018.

Ma’mum NF, Kridawati A, Ulfa L. Pengaruh Penambahan Sari Kurma Terhadap Kadar Hemoglobin Ibu Hamil Anemia di Klinik Fistha Nanda Tahun 2020. J Untuk Masy Sehat. 2020;4(2):201–15.

Silalahi M. Pemanfaatan Daun Kelor (Moringa oleifera Lam) sebagai Bahan Obat Tradisional dan Bahan Pangan. Maj Sainstekes. 2020;7(2).

Shivangini P, Mona K, Nisha P. Comprehensive Review: Miracle Tree Moringa oleifera Lam. Curr Nutr Food Sci. 2022;18(2):166–80.

Tenrirawe A. Formulasi dan Analisis Kandungan Zat Gizi Bakso Berbasis Hati Ayam dan Daun Kelor (Moringa oleifera) sebagai Pangan Sumber Zat Besi bagi Remaja Putri= Formulation and Analysis of Nutritional Content of Chicken Liver and Moringas Leaves-Based Meatballs as . Universitas Hasanuddin; 2022.

Buzarudina F. Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa SMAN 6 Kecamatan Pontianak Timur Tahun 2013. Jurnal Mahasiswa PSPD FK Universitas Tanjungpura. 2013;3(1)

Imran N, Indriasari R, Najamuddin U. Pengetahuan dan Sikap Tentang Anemia dengan Status Hemoglobin Remaja Putri di SMA Negeri 10 Makasar. Artikel Hasil Penelitian. Makasar: Universitas Hasanudin; 2014.

Haryono D, Hanim D, dan Kusnandar. Pengaruh Pendidikan Anemia Gizi Audio Visual dan Leaflet terhadap Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Mengkonsumsi Tablet Fe Serta Kadar Hemoglobin pada Remaja Putri. Jurnal Gizi dan Kesehatan. 2014;1(2).

Published
2023-12-31
How to Cite
Fatmawati, F., Koro, S., Rai Sudarsono, I. M., & Abadi, E. (2023). Peningkatan Pengetahuan Gizi Remaja Melalui Pemanfaatan Kelor (Moringa Oliefera Lam) Sebagai Pangan Fungsional di SMPN Satu Atap 1 Soropia. Karya Kesehatan Journal of Community Engagement, 4(2), 32-37. https://doi.org/10.46233/k2jce.v4i2.1041