Program Edukasi Pencegahan Tuberculosis Paru dan Pendamping Minum Obat Keluarga

  • Indah Puspitasari Fakultas Kesehatan dan Farmasi Universitas Bani Saleh
  • Lu’lu’a Lanahdiyanna Fakultas Kesehatan dan Farmasi Universitas Bani Saleh
  • Meria Woro Listyorini Fakultas Kesehatan dan Farmasi Universitas Bani Saleh
  • Amzal Mortin Andas Fakultas Kesehatan dan Farmasi Universitas Bani Saleh
Keywords: kedukasi, keluarga, tuberculosis

Abstract

Abstrak. Sekitar 75% penderita Tuberkulosis paru adalah kelompok usia yang paling produktif secara ekonomi. Ini menjadi menjadi salah satu perhatian perhatian global karena kasus Tuberkulosis paru yang tinggi dapat berdampak luas terhadap kualitas hidup, sosial, dan ekonomi bahkan mengancam jiwa. Berdasarkan hasil pengkajian dan survei yang dilakukan didapatkan 5 orang yang terkena riwayat TB. Orang yang memiliki riwayat TB kurang dalam dukungan dari keluarga, beberapa pasien TB putus dalam pengobatan. Maka dari itu, dilakukan pengabdian masyarakat dengan edukasi pencegahan TB dan Pengawasan Menelan Obat (PMO) melalui keluarga. Hasil meningkat setelah dilakukan edukasi 95% keluarga paham tentang pengertian TB, penyebab, faktor resiko, tanda dan gejala, serta cara perawatan dan pencegahan TB.

Absctract. About 75% of patients with pulmonary tuberculosis are the most economically productive age group. This has become one of the concerns of global attention because high cases of pulmonary tuberculosis can have a broad impact on the quality of life, social and economic and even life-threatening. Based on the results of the assessment and survey conducted, it was found that 5 people had a history of TB. People who have a history of TB lack support from their families, some TB patients drop out of treatment. Therefore, community service is carried out with education on TB prevention and Drug Swallowing Control (PMO) through the family. Results increased after 95% of families were educated about the understanding of TB, its causes, risk factors, signs and symptoms, and how to treat and prevent TB

References

Puspitasari I, Mulyono S, Kusumawati DN. The Effect of Interactive Education with 3-Dimensional Puzzles on the Injury-Prevention Behaviours of School-Age Children. Compr Child Adolesc Nurs [Internet]. 2019;42(sup1):173–8. Available from: https://doi.org/10.1080/24694193.2019.1578438

Puspitasari I, Muftadi M, Woro L M. Hubungan Faktor Resiko Dengan Prediktor Preventif Diabetes Mellitus Pada Remaja. J Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah. 2021;17(1):111–9.

Badan Pusat Statistik. 2016. Potret Awal Tujuan Pembangunan Berkelanjutan: Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia. Jakarta

Kementerian Kesehatan RI (2017). Data dan Informasi: Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. Jakarta

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2018). Diakses melalui www.depkes.go.id/resources/download/Riskesdas2018.pdf

World Health Organization (WHO). 2018. Deafness and hearing loss., Available from: http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs300/en/

Published
2023-07-10
How to Cite
Puspitasari, I., Lanahdiyanna, L., Listyorini, M., & Andas, A. (2023). Program Edukasi Pencegahan Tuberculosis Paru dan Pendamping Minum Obat Keluarga. Karya Kesehatan Journal of Community Engagement, 4(01), 24-27. https://doi.org/10.46233/k2jce.v4i01.1000