Pandangan Suku Mornene Terhadap Asi Ekslusif Di Desa Balo Kecamatan Kabaena Timur Kabupaten Bombana

  • Wirahmi Yulfitrah Stikes Karya Kesehatan
  • Muhaimin Saranani Jurusan Keperawatan Poltekes Kemenkes Kendari
  • Narmawan Narmawan Sarjana Keperawatan STIKES KARYA KESEHATAN

Abstract

Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik bagi bayi sampai usia 6 bulan. World Health Organisation (WHO) mengeluarkan rekomendasi tentang pemberian ASI Ekslusif (bayi hanya diberikan ASI tanpa cairan atau makanan lain, kecuali suplemen vitamin, mineral dan atau obat-obatan untuk keperluan medis) sampai bayi barusia 6 bulan, dan dilanjutkan pemberian ASI sampai dua tahun pertama kehidupan. Desain penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sampel dalam penelitian adalah 7 orang partisipan ibu menyusui yang ada di Desa Balo. Hasil penelitian gambaran pengetahuan ibu menyusui tentang ASI Ekslusif pada suku Mornene di Desa Balo Kecamatan Kabaaena Timur Kabupaten Bombana. Menunjukan 2 tema yaitu pengetahuan tentang ASI Ekslusif dan pengetahuan tentang manfaat ASI Eklsusif, tema pengetahuan tentang ASI Eklslusif dengan 6 kategori yaitu ASI Ekslusif, Usia pemberian ASI Ekslusif, Hari keberapa mengandung kolustrum, kandungan kolustrum, dan kolustrum untuk apa, sedangkan tema pengetahuan tentang alasan menyusui ada 3 kategori yaitu pemberian kolustrum, yang terjadi jika bayi diberikan ASI dan Manfaat ASI bagi ibu. Hasil penelitian gambaran keyakinan dan kepercayaan tentang ASI Ekslusif pada suku mornene di Desa Balo Kecamatan Kabaena Timur Kabupaten Bombana. Menunjukan 2 tema yaitu tema Keyakinan tentang ASI EKslusif dan tema Keyakinan tentang Budaya tentang ASI Ekslusif. tema Keyakinan tentang ASI EKslusif ada 3 kategori yaitu manfaat menyusui bagi ibu, makanan pendamping ASI dan manfaat ASI bagi Bayi. Tema  Keyakinan tentang Budaya tentang ASI Ekslusif Apakah ASI bertentangan dengan agama, apakah ASI bertentangan dengan Budaya dan makanan pantangan. Saran bagi pihak Desa Balo dapat meningkatkan pengetahuan tentang ASI Ekslusif ibu menyusui suku Mornene dengan melakukan penyuluhan tentang ASI EKslusif  kepada ibu menyusui di desa Balo. Bagi ibu menyusui suku Mornene di desa Balo agar selalu menyusui bayi secara Eklusif dan juga memperhatikan makanan yang akan dimakan oleh ibu menyusui. Bagi peneliti selanjutnya, agar dapat melakukan penelitian kuantitatif sehingga dapat menganalisis secara statistisk faktor pengetahuan tentang ASI Ekslusif dan juga tentang perubahan perilaku menyusui pada suku pendatang yang tinggal didaerah tersebut .

Published
2020-12-01
How to Cite
Yulfitrah, W., Saranani, M., & Narmawan, N. (2020). Pandangan Suku Mornene Terhadap Asi Ekslusif Di Desa Balo Kecamatan Kabaena Timur Kabupaten Bombana. Jurnal Keperawatan, 4(02), 09 - 18. Retrieved from https://stikesks-kendari.e-journal.id/JK/article/view/439

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.