Efektivitas Terapi Air terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi

  • Siti Hadrayanti Ananda STIKes Karya Kesehatan
  • Tahiruddin Tahiruddin STIKes Karya Kesehatan

Abstract

Latar belakang, Hipertensi sebagai salah satu penyakit pada sistem kardiovaskuler sering kali menjadi pembunuh diam-diam (the silent killer of death). Penyakit ini hanya dapat dikendalikan dengan pengobatan farmakologi dan non-farmakologi.Pengobatan farmakologi membutuhkan waktu lama sehingga membutuhkan biaya yang cukup. Hal tersebut menimbulkan efek samping bagi tubuh. Sedangkan pengobatan non farmakologi tidak menimbulkan efek samping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas terapi air terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Poasia Kota Kendari.

Metode, Penelitian ini menggunakan metode Praeksperiment dengan rancangan one group pretest-postest, kemudian data diolah dengan menggunakanuji t dependen.

Sampel, Jumlah populasi 19.786 penderita dan sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik puposive sampling, yaitu 30 responden.

Hasil Penelitian. Ada perbedaan yang signifikan dari pemberian terapi air terhadap penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Simpulan. Pemberian terapi air memberikan pengaruh terhadap penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Kata Kunci: Hidroterapi, tekanan darah, hipertensi

Published
2020-07-31
How to Cite
Ananda, S., & Tahiruddin, T. (2020). Efektivitas Terapi Air terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi. Jurnal Keperawatan, 4(01), 13 - 17. https://doi.org/10.46233/jk.v4i01.233

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.