Pengaruh Jus Semangka Dalam Menurunkan Tekanan Darah Pasien Hipertensi

  • Yufriza Umrah mandala waluyia
  • Cholik Harun Rosjidi Prodi S1 Keperawatan STIKES Karya Kesehatan
  • Kemal Idris Balaka Politeknik Bina Husada Kendari
Keywords: Keywords : Juice, Watermelon, Hipertension

Abstract

Hipertensi adalah suatu gangguan pada pembuluh darah dengan suplasi nutrisi dan oksigen  yang mengalami hambatan untukmencapai jaringan tubuh, sehingga memicu jantung untuk bekerja keras dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Secara nonfarmakalogi manajemen hipertensi dapat dilakukan dengan berbagai terapi sepertiterapi jus semangka.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh terapi jus semangka dalam menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Kulisusu.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra eksperimenone group pre-post test design.Sampel penelitian berjumlah 25 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling.Penelitian ini memiliki variabel independent jus semangka, sedangkan variabel dependentnya adalah tekanan darah pada penderita hipertensi.

Hasil penelitian yang dianalisis dengan uji Wilcoxon Signed Rank Testyang menunjukan bahwa  jus semangka dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi yang ditandai dengan p value  < α (0,00<0,05).

Simpulan penelitianadalah  jus semangka secara efektif dapat menurunkan tekanan darah  penderita hipertensi diWilayah Kerja Puskesmas Kulisusu.Saran penelitian diharapkan Puskesmas Kulisusudapat menjadikan jus semangka sebagai salah satu cara dalam mengontrol dan menurunkan tekanan darah  pada pasien hipertensi.

Published
2022-12-16