Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Kepatuhan Diet Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 Di Ruang Rawat Inap Blud Rumah Sakit Konawe

  • Nurhaenah Laumara Prodi S1 Keperawatan STIKes Karya Kesehatan
  • Mien Mien Prodi S1 Keperawatan STIKes Karya Kesehatan
  • Muhammad Syahwal Prodi S1 Keperawatan STIKes Karya Kesehatan
Keywords: Counseling, Knowledge, Dietary Compliance, Diabetes Mellitus

Abstract

Abstrak

Diabetes mellitus (DM) adalah Penyakit metabolik dengan tingginya kadar glukosa darah akibat kelainan sekresi insulin. Diabetes melitus disebut juga the silent killer karena penyakit ini dapat mengenai semua organ tubuh dan menimbulkan berbagai macam keluhan (1). Komplikasi yang sering terjadi pada penderita diabetes mellitus adalah komplikasi kronik yang sangat sukar di tangani karena berjalan pelan tapi pasti dan akan memerlukan biaya pengobatan yang sangat tinggi terutama yang disebabkan oleh makroangiopati yang ada hubungan dengan aterosklerosis atau penyakit jantung koroner (PJK), Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap pengetahuan dan kepatuahan diet penderita diabetes mellitus tipe 2 di Ruang Rawat Inap BLUD Rumah Sakit Konawe.

Penelitian ini dilaksanakan di BLUD Rumah Sakit Konawe dengan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah pra eksperimen dengan pre-post test design. Rancangan one group pre-post test design. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 responden yang diambil secara Acidental sampling. Variabel independen adalah penyuluhan kesehan variabel dependen adalah pengetahuan dan kepatuhan diet diabetes melitus.

Hasil penelitian uji statistik T berpasangan diperoleh ρ 0.000 < 0.05,  berarti ada pengaruh penyuluhan kesetahan terhadap pengetahuan dan kepatuhan diet diabetes melitus tipe 2 di ruang inap BLUD Rumah Sakit Konawe.

Simpulan penelitian ini adalah Terdapat  pengaruh  pendidikan  kesehatan terhadap  pengetahuan dan kepatuhan diet penderita diabetes melitus di ruang inap BLUD Rumah Sakit Konawe 2020  dengan  hasil uji statikstik  menggunakan  uji  T berpasangan  didapat  nilai p= 0,000 (p=<0,05). Saran Bagi Rumah Sakit diharapkan pendidikan kesehatan  diharapkan dapat diberikan secara berkelanjutan dalam meningkatkan kepatuhan  terhadap diet pada pasien Diabetes Melitus.

Published
2021-11-25