Hubungan Pengetahuan ibu Post Partum tentang Perawatan Luka Perineum terhadap proses Penyembuhan Luka di Wilayah kerja Puskesmas Unaaha

  • Yuswati Yuswati Mahasiswa
  • Mien Mien Prodi S1 Keperawatan STIKES
  • Narmi Narmi Prodi S1 Keperawatan STIKES Karya Kesehatan
Keywords: Pengetahuan, Perawatan Luka Perineum, Proses Penyembuhan Luka

Abstract

Abstrak

Luka perineum adalah luka pada perineum yang diakibatkan oleh rusaknya jaringan secara alamiah karena proses desakan kepala janin atau bahu pada saat proses persalinan.

Penelitian ini telah dilakukan di Wilayah kerja Puskesmas Unaaha dengan metode Deskriptif Analitik menggunakan rancangan cross sectional observational. Sampel adalah 33 responden yang diambil secara tehnik accidental sampling. Variabel independen adalah pengetahuan perawatan luka perineum dan variabel dependen adalah proses penyembuhan luka.

Hasil uji statistik Che-Square diperoleh ρ 0.040 < 0.05,  berarti ada hubungan pengetahuan ibu post partum tentang perawatan luka perineum terhadap proses penyembuhan luka.

Simpulan penelitian ini adalah Ada hubungan antara pengetahuan ibu post partum tentang perawatan luka perineum dengan proses penyembuhan luka perineum. Saran Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa pengetahuan ibu post partum tentang perawatan luka perineum sebagian besar sudah memahami sehingga diharapkan bagi pelayanan kesehatan meningkatkan asuhan dan konseling tentang cara   perawatan luka perineum agar pengetahuan ibu tentang perawatan luka perineum menjadi lebih baik dan proses penyembuhan luka dapat sembuh sesuai fase.

Published
2022-03-20